Logistic Management, Why Not!

By Hadi Djumhana, SE.MM

Meningkatnya kompleksitas dunia bisnis menuntut kemampuan semua lini agar bisa mendukung keunggulan kompetitif perusahaan (bbahkan saat ini tumbuh berkembang bisnis startup). 

Khususnya di bagian Logistic/Procurement, yang dapat berperan melalui penerapan Supply Chain Management, dengan mengoptimalkan value-network dengan strategic plan company guna menghasilkan business solution menuju sasaran kinerja akhir yaitu profit oriented.

Logistic Management sangat berperan dalam proses perencanaan, pengadaan barang dan jasa, transportasi serta penataan material bahan-baku (inventory), tentu hal ini bagian dari strategi untuk memperkuat bisnis perusahaan, sehingga akan berdampak positif dalam mendukung kebijakan management.

Dengan demikian hal tersebut di atas menjadi peran utama fungsi Logistic untuk melakukan kinerja secara all-out dan profesional, karena akan berkontribusi dalam reducing-cost of ownership yang focus pada value added.

Fungsi Logistic tidak saja cerdas dalam melakukan negosiasi namun memahami betul spesifikasi dan requirement serta scope of work (SOW) barang dan jasa yang dibutuhkan, ini sangat penting kadangkala di beberapa perusahaan terus menekan biaya/harga barang dan jasa namun mengabaikan aspek quality, sehingga yang terjadi adalah kerugian perusahaan karena kualitas barang dan jasa yang dihasilkan usianya sangat pendek bahkan berdampak pada maintenance cost yang besar.

Pengertian Manajemen Logistik (Logistic Management) – Manajemen Logistik 
Adalah salah satu komponen penting dalam Manajemen Rantai Pasokan atau Supply Chain Management yang digunakan untuk memenuhi permintaan pelanggan melalui perencanaan, pelaksanaan serta pengendalian keefisienan dan keefektifan aliran dan penyimpanan barang, pelayanan (jasa) dan informasi terkait dari titik permulaan hingga titik tujuan. Manajemen Logistik atau Logistic Management ini dapat membantu perusahaan mengurangi biaya dan meningkatkan layanannya kepada pelanggan.

Manajeman Logistik ini bertujuan untuk memperoleh dan mendistribusikan bahan dan produk di tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat juga dengan biaya yang seefiesien mungkin. Manajemen yang melibatkan pemrosesan pesanan, pergudangan, penanganan bahan/produk, pengemasan dan transportasi ini juga merupakan sebuah sektor yang perkembangannya sangat pesat di dunia bisnis sekarang. Tanpa didukung oleh Manajemen Logistik yang baik, aktivitas Produksi maupun Pemasaran akan sangat sulit untuk dilaksanakan.

Logistik pada dasarnya berawal dari konsep dan kegiatan yang berhubungan dengan militer dan pertahanan. Militer atau Departemen Pertahanan memanfaatkan perencanaan terperinci dan ektensif untuk mengumpulkan persediaan dan orang serta perlengkapan lainnya ke berbagai lokasi dan pangkalan militer, aktivitas militer inilah yang saat ini kita kenal sebagai istilah “Logistik”. Keberhasilan suatu aksi militer sangat tergantung pada kemampuan untuk mengumpulkan informasi, menganalisis, penyesuaian atau berasimilasi dan mengambil langkah-langkah logistik yang tepat untuk mendukung aksi militer mereka secara terus-menerus.

Hal ini sangat mirip dengan sebuah organisasi bisnis yang operasionalnya sangat tergantung pada visibilitas dan pengendalian atas proses logistik yang dikelolanya. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang berorientasi bisnis ini juga mengadaptasi prinsip-prinsip yang sama dalam menjaga keefektifan dan kefisiensian penyimpanan, pengendalian dan pergerakan barang dagangannya.

Banyak yang menganggap bahwa Logistik adalah sama dengan Gudang. Namun pada dasarnya, keduanya ini merupakan dua hal yang berbeda. Gudang adalah tempat penyimpanan barang dan merupakan salah satu bentuk dari kegiatan Logistik, sementara logistik memiliki arti dan proses yang luas lagi, bukan hanya sekedar pergudangan namun juga melibatkan perolehan barang, penanganan, pengendalian dan pengirimannya.

Salah satu bagian terpenting dalam Manajemen Logistik adalah Teknologi informasi. Perkembangan Teknologi sekarang memungkinkan sebuah perusahaan menemukan produk yang diinginkannya kapan saja, baik di hari siang ataupun malam dan di lokasi mana pun di seluruh dunia ini.


Subject to be continue...dalam pembahasan Supply Chain Management - HD


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGHAPUSBUKUAN ASET PERUSAHAAN

MAGNETO TEST BENCH

AIRCRAFT DOCKING SYSTEM BOEING B737-Classic Multi Function to AIRBUS A-320