Knowlegde Management

Definisi :
Proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan informasi dengan cara tertentu yang dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik. 

Teknik untuk mengelola pengetahuan dalam organisasi untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif. 

Lingkup Kegiatan Knowledge Management
1.Membangun ruang penyimpanan pengetahuan (knowledge repository),
2.Menyempurnakan akses ke pengetahuan,
3.Memperbaiki lingkungan pengetahuan, dan
4.Mengelola pengetahuan sebagai kekayaan organisasi (aset).


Elemen Pokok Knowledge Management :
1. Orang
Knowledge Management berasal dari orang, mengingat merupakan dasar untuk membentuk knowledge baru. Tanpa ada orang tidak akan ada knowledge.
 2. Teknologi
Merupakan infrastruktur teknologi yang standar, konsisten, dan dapat diandalkan dalam mendukung operasional perusahaan.
 3. Proses
Yaitu melakukan kegiatan dengan diawalai oleh tahapan evaluasi,verifikasi, mengesahkan, mentransformasikan, dan menyebarkan knowledge dengan dilengkapi prosedur yang berlaku.

Selamat untuk meningkatkan pengetahuan...................







Comments

Popular posts from this blog

PENGHAPUSBUKUAN ASET PERUSAHAAN

ZERO INVENTORY....

Logistic Management, Why Not!