SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

By Hadi Djumhana, SE,.MM

Sebelum membahas secara lengkap definisi Supply Chain Management, mari kita perhatikan sejenak gambar dibawah ini tentang "Evolution of Technology in Supply Cain" sebagai berikut:


Supply Chain Management pertama kali dikemukakan oleh Oliver dan Weber pada tahun 1982. 

Supply chain adalah jaringan fisik yakni perusahaan–perusahaan yang terlibat dalam memasok bahan baku, memproduksi barang, maupun mengirimkannya ke pemakai akhir, supply chain management adalah metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.

Definisi Supply Chain Management menurut James A. dan Mona J. Fitzsimmons
Supply Chain Management adalah sebuah sistem pendekatan total untuk mengantarkan produk ke konsumen akhir dengan menggunakan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan semua elemen supply chain dari mulai pemasok ke pengecer, lalu mencapai tingkat berikutnya yang merupakan keunggulan kompetitif yang tidak tersedia pada sistem logistik tradisional.

Tujuan Strategis Supply Chain Management
Rantai pasokan bagaikan darah dari setiap organisasi bisnis karena menghubungkan pemasok, produsen, dan pelanggan akhir di jaringan yang sangat penting untuk penciptaan dan pengiriman barang dan jasa. 

Dalam mengelola rantai pasokan memerlukan suatu proses yaitu, proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian operasi rantai pasokan. Dengan menyelaraskan permintaan dan penawaran seefektif dan seefisien mungkin.
 
Masalah-masalah utama dalam rantai pasokan:
1.    Menentukan tingkat out-sourcing yang tepat
2.    Mengelola pembelian/pengadaan barang dan jasa
3.    Mengelola mitra kerja / supplier
4.    Mengelola hubungan terhadap pelanggan
5.    Mengidentifikasi masalah dan merespon masalah dengan cepat
6.    Mengelola risiko pengadaan barang/jasa

 
Semakin jelas bahwa peran SCM dalam dukungan operasional perusahaan sangat penting, sehingga Manajemen perlu fokus dalam menentukan kebijakan dan menetapkan personil selain memiliki integritas tinggi juga memahami betul tentang pengetahuan SCM, mengingat perkembangannya begitu cepat, bila tidak dapat mengikuti untuk melakukan improvement maka akan tertinggal sudah.....

===> Subject to be continue..thank you 🙆















Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENGHAPUSBUKUAN ASET PERUSAHAAN

MAGNETO TEST BENCH

AIRCRAFT DOCKING SYSTEM BOEING B737-Classic Multi Function to AIRBUS A-320