GENERAL AFFAIRS MANAGEMENT
By Hadi Djumhana, SE.MM
Objective
Memastikan seluruh bagian General Affairs berfungsi melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Perusahaan/Institusi.
Setiap prosedur dan peraturan akan menjadikan solusi terhadap masalah yang sewaktu-waktu akan timbul.
Definisi
General Affair (GA) disebut juga Divisi Umum yaitu bagian supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan kepada seluruh unit kerja lainnya dalam satu Perusahaan/Institusi.
Objective
Memastikan seluruh bagian General Affairs berfungsi melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Perusahaan/Institusi.
Setiap prosedur dan peraturan akan menjadikan solusi terhadap masalah yang sewaktu-waktu akan timbul.
Definisi
General Affair (GA) disebut juga Divisi Umum yaitu bagian supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan kepada seluruh unit kerja lainnya dalam satu Perusahaan/Institusi.
Pada
umumnya General Affair bersifat “shared service”, khususnya dalam hal
administrasi dan pengelolaan pelayanan rutinitas perkantoran.
Job Description
Job
Description Departemen General Affair sungguh sangat kompleks karenanya biasa
disebut "Job Matrix" yang mana kadangkala dalam satu waktu
dituntut menyelesaikan beberapa permasalahan termasuk SDM dan Fasilitas Umum
lainnya.
Melaksanajan
kewajiban memberikan dukungan pelayanan kepada seluruh fungsi terkait di dalam
perusahaan dengan mekanisme sebagai General Support sesuai dengan yang tertuang
dalam Job Description General Affair, sehingga seluruh kegiatan perusahaan
dapat berjalan efektif dengan tertib dan lancar.
New Paradigma General
Affair
·
Proactive
·
Creative
·
Spirit
·
Productivity
·
Solution
Sasaran Kerja General Affair
➤ Appropriateness, harus dapat mempermudah proses
pencapaian tujuan.
➤ Adequacy, harus dapat mempermudah pemecahan
masalah.
➤ Effectiveness, harus dapat mewadahi proses usaha dan manajemen yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil.
➤ Efficiency, harus dapat mendukung terjadinya
proses-proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang
minimum.
Peran GA sebagai Industrial Relations
Pihak yang berkepentingan dalam setiap
perusahaan (Stakeholders):
·
Manajemen
Perusahaan yang mewakili Pengusaha atau pemegang saham
·
Pegawai/Karyawan
·
Mitra-kerja
atau Supplier/Vendor
· Customer
atau para pengguna produk/jasa
·
Pemerintah
·
Masyarakat
sekitar
➥ Tunggu lanjutan berikutnya...terima kasih atas komentarnya
Comments
Post a Comment