GENERAL AFFAIRS MANAGEMENT

By Hadi Djumhana, SE.MM

Objective
Memastikan seluruh bagian General Affairs berfungsi melaksanakan tugasnya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Perusahaan/Institusi.
Setiap prosedur dan peraturan akan menjadikan solusi terhadap masalah yang sewaktu-waktu akan timbul.

Definisi
General Affair (GA) disebut juga Divisi Umum yaitu bagian supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan kepada seluruh unit kerja lainnya dalam satu Perusahaan/Institusi.

Pada umumnya General Affair bersifat “shared service”, khususnya dalam hal administrasi dan pengelolaan pelayanan rutinitas perkantoran.

Job Description
Job Description Departemen General Affair sungguh sangat kompleks karenanya biasa disebut "Job Matrix" yang mana kadangkala dalam satu waktu dituntut menyelesaikan beberapa permasalahan termasuk SDM dan Fasilitas Umum lainnya.
Melaksanajan kewajiban memberikan dukungan pelayanan kepada seluruh fungsi terkait di dalam perusahaan dengan mekanisme sebagai General Support sesuai dengan yang tertuang dalam Job Description General Affair, sehingga seluruh kegiatan perusahaan dapat berjalan efektif dengan tertib dan lancar.

New Paradigma General Affair
·      Proactive
·      Creative
·      Spirit
·      Productivity
·      Solution
Sasaran Kerja General Affair
➤ Appropriateness, harus dapat mempermudah proses pencapaian tujuan.
➤ Adequacy, harus dapat mempermudah pemecahan masalah.
➤ Effectiveness, harus dapat mewadahi proses usaha dan manajemen yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil.
➤ Efficiency, harus dapat mendukung terjadinya proses-proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang minimum.

Peran GA sebagai Industrial Relations
Pihak yang berkepentingan dalam setiap perusahaan (Stakeholders):
·      Manajemen Perusahaan yang mewakili Pengusaha atau pemegang saham
·      Pegawai/Karyawan
·      Mitra-kerja atau Supplier/Vendor
·      Customer atau para pengguna produk/jasa
·      Pemerintah
·      Masyarakat sekitar

➥ Tunggu lanjutan berikutnya...terima kasih atas komentarnya 

Comments

Popular posts from this blog

PENGHAPUSBUKUAN ASET PERUSAHAAN

ZERO INVENTORY....

Logistic Management, Why Not!