Flashback #6: Buenos días Miami - Florida

By Hadi Djumhana

Sahabat yang baik, semoga tidak bosan untuk tetap mengikuti dengan sabar blog Profile-HD
Kali ini aku ingin flashback perjalanan dinas beberapa tahun yang lalu ke Amerika Serikat dengan program yang berbeda dengan sebelumnya, tentu membawa misi yang harus goal dan dari sisi pribadi patut disyukuri....  

Review rute perjalanan :
- Bandung-Jakarta-Singapore-Tokyo-Detroit-Oklahoma-Memphis-Miami-Tampa
- Miami-Detroit-Seattle-Detroit-Tokyo-Singapore-Jakarta-Bandung 

Dari rute perjalanan tersebut hampir seluruh negara bagian di Amerika Serikat kami singgahi...dan jadwal penerbangan disana 24 jam tanpa henti,  allhamdulilah selamat dan lancar tak kurang sesuatu apapun....
Penerbangan dari Jakarta ke Singapore dengan Garuda Indonesia, kenapa harus ke Singapore? karena penerbangan ke Amerika Serikat saat itu kami menggunakan Northwest Airlines yang tidak mempunyai based di Soekarno-Hatta International Airport.
Bandara Changi Singapura dikenal sebagai Changi International Airport, yaitu bandara utama yang melayani jalur penerbangan di Singapura, dan merupakan salah satu pusat transportasi terbesar di Asia. Bandara ini saat ini dinilai sebagai Bandara Terbaik Dunia oleh Skytrax untuk tahun ketujuh berturut-turut sejak 2013, Greats!

Jadwal terbang dari Singapura ke Narita International Airport (Tokyo) pukul  00.30 (tengah malam), tentu kami harus datang lebih awal 2-3 jam sebelumnya, kebiasaan ini tentu harus tetap dipertahankan kalau kalian tidak mau repot karena terlambat akibat traffic-jam dll. oya diperkirakan sampai di Narita International Airport pukul 08.30, kemudian transit selama 2 jam dan lanjut terbang ke Detroit Metropolitan Wayne County Airport di Michigan Amerika Serikat dengan waktu tempuh 18.15 menit....cukup lama juga karena harus transit lagi di O'hare International Airport - Chicago.
Singkat ceritera kami sudah sampai di Detroit dan masih melanjutkan penerbangan ke Memphis Tennessee dengan waktu tempuh 2.15 menit, sesampainya disana langsung ke hotel untuk istirahat. Sahabat kota Tennessee adalah negara bagian yang terkurung daratan di AS Selatan. Ibukotanya, yang terletak di pusat kota Nashville, adalah jantung dari adegan musik country, dengan Grand Ole Opry yang telah lama berjalan, Hall of Fame dan Museum Musik Country, dan hamparan legendaris dari honky-tonk dan ruang dansa. Memphis, di ujung barat daya, adalah rumah Graceland Elvis Presley, perintis rock-and-roll.
Kesokan harinya kami melanjutkan penerbangan ke Oklahoma City untuk meeting dengan Team dari FlightSafety Simulation & Visual System, di Oklahoma kami nginap 1 malam dan setelah selesai meeting kami terbang ke Miami - Florida.

Buenos dias (Selamat pagi) Miami
Kota Miami, adalah pusat dari Miami-Dade County, dan pusat budaya, ekonomi dan keuangan Florida Selatan di Amerika Serikat. Kota ini meliputi area sekitar 56 mil persegi antara Everglades di barat dan Biscayne Bay di timur, Miami merupakan destinasi wisata terkenal karena memiliki pantai yang indah, beberapa pulau dekat Miami Beach dihuni oleh rumah para selebritis Hollywood. 
Setibanya di Miami kami langsung ke River Park Hotel & Suites, setelah checkin dikejutkan oleh sapaan receptionist hotel..."Selamat pagi pak, dari Indonesia...?", wah tentu kaget banget...kemudian aku jawab "Ya betul...mas sudah lama kerja disini? asalnya dari mana?", dijawab "Sudah 2 tahun disini pak, saya berasal dari Bandung". aku jawab lagi "Lho..ko sama dong, dimana di Bandungnya?", dijawab "Di daerah Pasirkaliki"...karena kami perlu istirahat permisi untuk langsung menuju kamar hotel.

Paginya kami sudah dijemput untuk meeting di Pan Am International Flight Academy, jadwal meeting cukup padat yaitu 3 hari berturut-turut kemudian 1 hari dilanjutkan meeting di workshop Pan Am di Tampa Bay. Jarak di sepanjang rute Miami - Tampa, Florida adalah 449 km (278 miles), kami menggunakan pesawat kecil dengan perjalanan pulang-pergi.
Setelah urusan dinas selesai, akhirnya kami mencoba jalan-jalan ke Miami Beach, pantai ini sangat bersih dan rapih, kami mencoba naik speed-boot untuk berkeliling pantai melintasi pulau kecil tempat perumahan mewah para selebritis Hollywood...konon ditempat ini juga sering digunakan shooting film action, oya...penduduk disini sangat bervariasi selain warga Amerika Serikat juga terdapat imigran dari Kuba, Argentina dan negara Amerika Latin lainnya, makanya bahasa sehari-hari berbaur bahasa Inggris dan Spanyol...kebanyakan orang-orang disini ceria, bahkan aku melihat para orang tua dan anak2 berjoged ria sambil mendendangkan lagi latin...wah asyik banget.
Akhirnya waktu untuk pulang ke tanah air tiba juga, kami mencoba melihat peta jarak dari Miami ke Bandung ternyata 17,751 km dengan perbedaan waktu +/- 11 Jam, route pulang akan mampir dulu di Seattle nah ticket sudah disiapkan dengan tujuan Miami-Detroit-Seattle-Detrot-Tokyo-Singapore-Jakarta-Bandung ....
Demikian sahabat flahsback perjalanku, mohon maaf bila ada hal yang kurang berkenan, semoga menjadi inspirasi kalian untuk mengikuti jejak di atas....Alhamdulillah.

“Betapa bodohnya manusia, ia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan sambil mengingat masa lalunya.” - Ali bin Abi Thalib

 


Comments

Popular posts from this blog

PENGHAPUSBUKUAN ASET PERUSAHAAN

MAGNETO TEST BENCH

AIRCRAFT DOCKING SYSTEM BOEING B737-Classic Multi Function to AIRBUS A-320